Jambu Biji Bisa Cegah Kanker

Satu lagi buah yang membawa manfaat bagi tubuh yang sangat mudah didapat di Indonesia. Riset terbaru peneliti asal India menemukan jambu biji ternyata mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi kerusakan sel kulit dan mencegah kanker.

Serangkaian riset dilakukan pada buah lainnya. Seperti apel Himalaya, delima, pisang dan anggur. Dan peneliti menemukan jambu biji memiliki konsentrat antioksidan tinggi dibanding buah lainnya.


Menurut para ilmuwan dari National Institute di Hyderabad, plum India, puding apel dan mangga memiliki kekayaan zat antioksidan di bawah buah jambu. Dalam risetnya, diketahui jambu biji memiliki zat antioksidan sebanyak 500 miligram per 100 gramnya. Sedangkan plum India mempunyai 330 miligram dan 135 miligram dimiliki dalam buah delima.

Buah apel yang juga mudah kita temui di sekitar kita, memiliki seperempat kandungan zat antioksidan. Buah semangka dan nanas selain manis dan segar rasanya, juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Sedangkan buah mangga mengandung fruktosa tinggi yang memiliki 170 miligram zat antioksidan

"Jambu biji merupakan sumber yang paling kaya zat antioksidannya," ujar Dr Sreeramulu dilaman Timesofindia.com, Kamis (5/1). "Dan bila Anda ingin jauh dari dokter, konsumsilah dua buah jambu ini setiap hari," sarannya.

Hasil riset yang akan dipublikasikan dalam jurnal Internasional Food Research tersebut menjadi bukti kuat bila buah-buahan yang sering kita lihat, sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Karenanya tak perlu ragu untuk mengonsumsi agar tubuh Anda tetap sehat dan jauh dari penyakit.

No comments:

Post a Comment