Ini Dia Akibat Lain Dari Oral Seks

New Delhi : Dapatkah virus HPV, yang terkait dengan kanker serviks pada wanita, dapat ditularkan secara seksual ke pria? Menurut penelitian baru dan hasil klinis menunjukkan itu bisa terjadi jika seorang pria melakukan oral seks tanpa kondom dengan pasangan wanita yang terinfeksi dengan virus.

Bila virus tersebut menular ke pria, menurut laman timesofindia, Ahad (22/1), dapat menyebabkan kanker kepala dan leher, khususnya di tenggorokan bagian atas. Dalam beberapa tahun terakhir, para ahli mengatakan, banyak kasus semacam itu telah dilaporkan dari negara-negara Eropa.

Penyakit kanker kepala dan leher di kalangan non-perokok meningkat di India. Dewan Riset Medis India (ICMR) dan Komisi Eropa telah bekerjasama mengeksplorasi peran virus ini yang bisa menyebabkan kondisi fatal di India.


"Hasil penelitian di bidang ini harus menjadi bahan pencegahan dan pengobatan infeksi secara dini terkait penyakit kanker di Eropa dan India, yang kemungkinan akan difasilitasi melalui vaksinasi, deteksi dini, dan identifikasi populasi berisiko tinggi," kata seorang pejabat senior yang ICMR .

Anshuman Kumar, seorang ahli kanker bedah senior di Rumah Sakit Kanker Dharamshila dan Pusat Penelitian mengatakan, tembakau dan konsumsi alkohol adalah penyebab utama kanker kepala dan leher. Namun, telah ada peningkatan kasus non-perokok menderita kanker kepala dan leher.

"Infeksi HPV merupakan penyebab kasus ini yang patut dicurigai. Tapi tak ada data valid karena sepertinya pasien berusahan menyembunyikan rincian penyebab penyakitnya," Katanya.

Ullas Batra, konsultan ahli onkologi di Rajiv Gandhi Cancer Institute, sepakat kasus-kasus kanker kepala dan leher meningkat pada mereka yang non-perokok seperti pertumbuhan tumor di amandel, pangkal lidah, dan tenggorokan bagian atas.

"Kami menduga seks oral tanpa kondom menjadi penyebab utama. Ini telah didokumentasikan dalam studi penelitian yang dilakukan di barat, tapi data valid penyebaran infeksi belum diketahui," kata Batra.

Menurut laporan WHO, infeksi HPV merupakan penyebab mapan kanker serviks.Infeksi HPV diduga menjadi alasan utama bagi munculnya kanker kepala dan leher di kalangan non-perokok di India.

No comments:

Post a Comment