Tips Minum Susu Bebas Diare

Jakarta: Sejumlah ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi susu agar tubuh tetap sehat. Namun tak semua orang bersahabat dengan jenis minuman ini. Diare kerap menyerang bagi para penikmat susu. Hal itu karena usus besar tidak langsung menyerap kandungan laktosa yang ada pada susu.

Lantas dapatkah orang dengan kondisi tersebut tetap minum susu tanpa menimbulkan rasa mulas? Kepala Divisi Pusat Riset Nutrifood, Susana, belum lama ini memberi tips aman minum susu tanpa khawatir diare.

"Sebaiknya minum susu dengan takaran yang lebih sedikit, namun berkelanjutan. Misalnya, satu jam pertama Anda cukup minum seperempat gelas susu saja. Dilanjutkan beberapa jam kemudian dengan takaran yang sama, dan seterusnya hingga mencapai takaran satu gelas," ujar Susana.

Menurut Susana, dengan meminum susu sedikit demi sedikit, kandungan laktosa akan lebih mudah terurai dalam usus besar. Si penikmat susu pun akan terhindar dari diare. "Setelah beberapa hari atau seminggu lebih, Anda bisa mencoba meminum susu dengan takaran yang lebih banyak, setengah gelas misalnya," kata Susana, menyarankan.

Dia mengemukakan, tubuh manusia dapat beradaptasi dengan asupan yang masuk ke dalamnya.

Suasana mengingatkan bahwa biasanya susu berkalsium tinggi memiliki kandungan laktosa jauh lebih banyak dibanding susu biasa. Kandungan tinggi laktosa juga biasanya terdapat pada es krim.

"Bila makan es krim ternyata baik-baik saja pada pencernaan, seharusnya minum susu pun aman dari diare. Kandungan laktosa pada susu itu memang tidak sebanyak pada es krim," kata Susana.

No comments:

Post a Comment