Tips Alami Mengusir Lelah

Jakarta: Aktivitas padat membuat energi Anda terkuras dan badan terasa lelah. Padahal, sejumlah agenda kegiatan telah menanti dan harus diselesaikan segera meski lelah menerpa Anda.

Untuk menghilangkan lelah, Anda langsung meminum obat penambah stamina yang dapat memberikan efek tak baik bagi tubuh. Lantas adakah cara pengusir lelah alami yang aman? Berikut tips yang bisa Anda coba, yang dikutip dari thedailymind.com, baru-baru ini.

1. Teknik bernapas Yoga. Cara ini dikenal sebagai pernapasan alternatif yang bisa meningkatkan energi saat Anda merasa lesu dan lelah. Teorinya ialah dengan bernapas melalui satu lubang hidung akan menarik jumlah oksigen yang sama ke kedua sisi otak, sehingga meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

Cara melakukannya, tutup lubang hidung sebelah kanan dengan ibu jari kanan. Hirup perlahan melalui lubang hidung sebelah kiri untuk empat hitungan. Tutuplah lubang hidung kiri dengan jari manis Anda dan lepaskan ibu jari Anda dari lubang hidung sebelah kanan. Buang napas, terus buang melalui lubang hidung sebelah kanan, dengan hitungan sampai delapan.

Kemudian tarik napas melalui lubang hidung sebelah kanan dengan empat hitungan. Tutuplah lubang hidung kanan dengan ibu jari dan bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri sampai hitungan delapan. Mulailah berlatih beberapa putaran dan secara bertahap meningkat.

2. Nutrisi. Coba sertakan beberapa protein setiap kali makan karena hal ini akan memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah Anda dan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sumber protein yang baik meliputi ikan, daging tanpa lemak, telur, tahu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

3. Aromaterapi. Minyak aromaterapi dapat digunakan dalam pijat, ditambahkan dalam air mandi atau dipanaskan dalam oil burner untuk menyegarkan udara. Untuk menyegarkan indera, cobalah campur dengan aromaterapi yang memiliki nuansa aroma mengangkat suasana hati dan mengembalikan tingkat energi Anda. Namun, penting diingat bahwa minyak aroma terapi tidak harus digunakan dengan mengoleskan pada kulit.

4. Cara alami terakhir, cobalah nikmati minuman teh jahe dan lemon buatan sendiri. Caranya, ambil jahe segar, kupas secara menyeluruh dan potong menjadi irisan tipis. Masak empat cangkir air hingga mendidih lalu tambahkan jahe yang telah diiris. Tutup panci dan biarkan mendidih selama sekitar 15 menit. Saring airnya, buang jahe, dan tuangkan ke dalam cangkir. Tambahkan irisan lemon dan nikmatilah sensasinya.

Beragam pilihan tersebut tak ada salahnya untuk Anda coba dalam mengusir lelah. Hidup yang penuh persaingan, hanya akan dimenangkan orang-orang energic dan sigap dalam menyelesaikan tugas.

No comments:

Post a Comment