Sejarah Adidas EURO Official Match Ball

Pengalaman adidas dalam memproduksi bola memang tidak ada tandingannya. Adidas telah memulai memproduksi bola sejak tahun 1963.

Kini adidas telah menjadi penyedia alat olahraga dunia yang mensponsori atlet dan timnas negara-negara di dunia.

Dengan teknologi terkini, adidas telah menjadi penyedia Official Match Balls bagi pertandingan besar UEFA dan FIFA sejak tahun 1970, dan UEFA EURO sejak tahun 1972.


Berikut sejarah adidas EURO Official Match Ball:

1. 1972: Telstar Mexico

Dalam bola ini terdapat 32 panel dengan lapisan polyurethane-Durlast yang meningkatkan ketahanan air dari bola kulit.

2. 1976: Testar

adidas Testar menggunakan materi Durlast yang telah ditingkatkan untuk mengurangi penyerapan air.

3. 1980: Tango River Plate

Desain ikonik Tango yang baru memberikan tampilan unik, yang kemudian bertahan sampai tahun 2000. Bola ini juga menggunakan materi Durlast dan proses laminasi yang telah membuat bola semakin kedap terhadap air.

4. 1984: Tango Mundial
Bola non kulit pertama yang menggunakan materi polyurethane yang baru dengan sistem pelapisan yang ditingkatkan untuk meningkatkan bantalan pada bola.

5. 1988: Tango Europa
Menggunakan materi polyurethane yang telah ditingkatkan dan ditambahkan jahitan untuk melindungi bola dari penetrasi air.

6. 1992: Etrusco Unico
Desain dibuat khusus dengan menampilkan kepala singa yang terinspirasi dari sejarah Estrucan, serta menggunakan polyurethane foam terbaru.

7. 1996: Queatra Europa
Polyurethane foam terbaru ditambahkan untuk meningkatkan sentuhan dan bantalan pada bola. Desain terinspirasi dari mawar Inggris dan tiga singa pada federasi Inggris.

8. 2000: Terrestra Silverstream
Konstruksi busa ditambahkan untuk meningkatkan bantalan pada bola dan ekekusi teknik pada desain Tango terinspirasi akan sungai dan pantai di Belanda dan Belgia.

9. 2004: Roteiro
Roteiro merupakan terobosan pada perkembangan sepakbola, sebagai bola pertama di dunia yang tidak dijahit dengan tangan. Teknologi termal membuat bola lebih tahan lama, meningkatkan sentuhan, dan secara signifikan mengurangi serapan air.

10. 2008: Europass
Sistem panel dikembangkan dengan tekstur special pada dasar bola yang meumungkinkan pemain dan kiper untuk merasakan bola secara lebih kuat. Desain yang digunakan juga baru dan merupakan interpretasi kontemporer dari desain Telstar.

No comments:

Post a Comment