Penyakit Baru, Insomia Elektronik

London: Dunia modern dengan teknologi tinggi ternyata membawa banyak perubahan bagi manusia. Namun, siapa sangka jika kemajuan itu ternyata juga diimbangi dengan adanya penyakit era baru.Para dokter percaya bahwa hanya satu dari lima orang memiliki penyakit yang nyata akibat kelelahan parah, meski waktu istirahat telah cukup banyak. Para peneliti dari Universitas Oxford, Ingris, baru-baru ini, percaya jika gangguan yang dihadapi oleh pasien disebut insomnia elektronik.

Faktanya, kebanyakan orang tidak bisa santai saat duduk di bioskop, mereka justru malah browsing facebook. Selain itu, mereka akan terbangun di malam hari untuk minum air putih sambil memeriksa e-mail. Bahkan, saat berlibur ke pantai sekalipun, mereka justru lebih memetingkan telepon seluler pintarnya.


Ada juga dua alasan utama untuk "epidemi abad ke-21". Para pengguna menyalahkan hipotiroidisme, penurunan aktivitas tiroid, dan "kelelahan adrenal". Gejala-gejala, selain kelelahan, termasuk masalah dengan pencernaan, tidur, gugup, dan rasa sakit yang aneh. Menurut teori ini, stres adalah satu-satunya alasan untuk membuat kelenjar adrenal "aus".

Menurut dokter, untuk menyingkirkan penyakit era moderen itu, Anda hanya perlu mematikan ponsel, komputer jinjing atau laptop, dan perangkat lainnya sebelum tidur. Selain itu, cobalah menghabiskan akhir pekan jauh dari rumah, tanpa komputer dan I-pad yang tidak memungkinkan kita untuk beristirahat.

No comments:

Post a Comment