Kicauan Burung Bisa Rangsang Kerja Otak

Jakarta: Indah rasanya bila di pagi hari kita mendengar kicauan burung di pelataran rumah. Perasaan tenang akan menyelimuti pikiran. Dan tak hanya itu, kicauan burung ternyata juga dapat memberikan rangsangan otak untuk meningkatkan kreativitasnya.

Sebuah riset yang dilakukan di University of Surrey, Inggris, menyebutkan otak manusia bereaksi positif bila mendengar kicauan burung. "Selaras dengan anekdot bahwa otak manusia bereaksi positif bila mendengar kicauan burung, namun masih sedikit jumlah penelitian yang bisa membuktikan hal ini," ujar Peneliti Eleanor Ratcliffe, seperti dikutip Gurdian baru-baru ini.


Penelitian yang dilakukan selama tiga tahun itu membuktikan bila kicauan burung bisa membantu otak menyelesaikan tugas yang butuh kreativitas tinggi. "Dan tak kalah penting, kicauan burung juga dapat membuat tubuh jadi nyaman dan tenang," tulis temuan tersebut.

Ratcliffe menyatakan, suara parau melengking dari burung parkit liar serta lengkingan burung khas Inggris dianggap tak memiliki dampak menenangkan. Tapi suara kicauan dua burung itu, menurut Ratcliffe, bisa membangunkan sistem ingatan seseorang atas perasaaan atau tempat tertentu.

Selanjutnya, penelitian ini akan dikembangkan pada perekaman kicauan burung ke perangkat elektronik. Dalam riset yang akan dilakukan di wilayah kota dan desa, peneliti ingin mengetahui apakah hal tersebut bisa berdampak serupa dengan aslinya atau tidak. .

Dalam prosesnya, Ratcliffe membutuhkan waktu berjam-jam mendengarkan kicauan burung di pedesaan. Dirinya berharap risetnya itu dapat memberikan dampak yang baik bagi kehidupan manusia.

No comments:

Post a Comment