Ikan Termahal Ada di Tokyo

Tokyo: Seekor ikan tuna laku terjual US$ 736.500 (sekitar Rp 6,7 miliar) dalam lelang di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang, Kamis (5/1), menjadikannya sebagai ikan termahal di dunia. Tuna sirip biru raksasa dengan bobot 269 kilogram ini ditangkap di perairan Jepang timur laut. Dengan harga tersebut, 1 kilogram tuna bernilai sekitar US$ 1.200.

Lelang tuna di tahun baru selalu mendapatkan perhatian besar di Jepang dan sudah menjadi tradisi lelang ini selalu mencetak rekor baru. Namun, tidak banyak yang menduga harganya akan menembus tiga perempat juta dolar. Harga tahun ini memecahkan rekor tahun lalu yang mencapai tak kurang dari US$ 400.000 untuk satu ekor tuna.


Pemenang lelang tahun ini adalah Kiyoshi Kimura, pemilik jaringan restoran sushi. Ia mengatakan dirinya ingin membesarkan hati rakyat Jepang dan membantu bangsa Jepang pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami dahsyat tahun lalu. "Jepang mengalami masa-masa sulit tahun lalu karena bencana. Jadi kami perlu menunjukkan diri bahwa Jepang bisa bertahan," kata Kimura.

Kimura juga mengatakan ingin tuna raksasa ini tidak dibeli orang asing atau dibawa ke luar Jepang. Tuna termahal tahun lalu dibeli pengusaha Hong Kong Ricky Cheng, yang juga dikenal sebagai pemilik jaringan restoran makanan Jepang di Tokyo dan Hong Kong.

Penangkapan besar-besaran membuat persediaan tuna menurun tajam di seluruh dunia. Hampir 75 persen tangkapan ikan tuna sirip biru di seluruh dunia dikonsumsi warga Jepang.

No comments:

Post a Comment