Alasan Perlunya Bicara soal Seks ke Anak

London: Berbicara tentang seks dan hubungan asmara alias pacaran kepada anak-anak Anda saat mereka tumbuh dewasa bukan lagi tabu. Cara ini dapat membantu mereka dalam menjaga kesehatan seksual ketika mereka mulai berhubungan seks. Berbicara seks tidak akan membuat mereka ingin memulai berhubungan seks.


Berikut lima alasan bersikap terbuka tentang seks dengan anak Anda seperti dilansir laman NHS, Senin (2/1).

1.Anak Anda ingin fakta
Sebuah survei menemukan bahwa satu dari empat remaja (25%) merasa bingung, cemas, atau bahkan takut tentang seks dan hubungan asmara, dan bahwa sebagian besar remaja ingin berbicara dengan orangtua atau wali mereka tentang hal itu.

Remaja melihat gambar seks dari film, majalah, koran, iklan, di televisi, dan di internet, tapi ini tidak berarti bahwa mereka tahu fakta-faktanya. Mereka mungkin menerima pesan yang membingungkan dan tidak akurat. Anda dapat membantu mereka tahu apa yang benar dan apa yang tidak.

2. Berbicara membantu mereka menunggu
Bukti menunjukkan bahwa jika Anda berbicara dengan anak remaja Anda tentang seks dan pacaran, mereka akan sedikit merasakan tekanan untuk melakukan hubungan seks, yang berarti mereka lebih cenderung untuk menunggu. Berbicara secara terbuka memberi mereka kepercayaan diri.

3. Ini membantu mereka membuat keputusan tentang seks
Dengan memastikan bahwa anak Anda tahu tentang kontrasepsi (metode, bagaimana mereka bekerja dan di mana mendapatkannya) dan seks aman, Anda membantu mereka untuk membuat pilihan ketika mereka memutuskan untuk berhubungan seks.

Anda akan membantu mereka menghindari risiko yang dapat menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan atau infeksi menular seksual (IMS). Setiap remaja harus tahu tentang kontrasepsi dan seks aman, apakah mereka laki-laki atau perempuan, lesbian atau gay, lurus atau biseksual.

4. Klamidia adalah risiko nyata
Klamidia adalah IMS yang paling sering didiagnosis. Tujuh puluh persen dari anak perempuan dan 50% dari anak laki-laki yang terinfeksi tidak memiliki gejala. Jika tidak diobati, klamidia dapat menyebabkan komplikasi, termasuk ketidaksuburan.

Remaja Anda perlu tahu bahwa kondom membantu melindungi terhadap infeksi seperti klamidia dan IMS lain. Mereka juga perlu tahu di mana mendapatkan tesnya. Sebuah tes urine sederhana atau swab dapat mendeteksi klamidia, yang dapat dengan mudah diobati. Temukan pelayanan kesehatan seksual di wilayah Anda.

5. Anda dapat menjadi orang yang mereka percayai
Setelah di sekolah menengah, anak Anda akan melalui masa pubertas dan mendengar setengah kebenaran dan mitos dari anak-anak lain. Mereka mungkin berpikir bahwa orang lain berhubungan seks, tetapi kenyataannya adalah bahwa kebanyakan remaja tidak melakukan hubungan seks sampai mereka setidaknya 16 tahun.

Ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk menjadi seseorang yang anak Anda datangi untuk mendapat informasi, bantuan, dan saran. Untuk ide bagaimana memulai percakapan tentang seks dan pacaran, lihatlah pembicaraan anak remaja Anda.

No comments:

Post a Comment